JAVA CLASS LIBRARY

Pada kali ini akan di bahas materi java tentang

1.      Pemrograman Berorientasi Objek

2.      Perbedaan Class dan Objek

3.      Methode

PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK

Maksud dari pemrograman berorientasi objek adalah pemrograman yang dilakukan berorientasi terhadap objek yang disimpan pada class serta memiliki atribut dan method. Jadi dapat dikatakan konsep yang digunakan sebagai elemen-elemen dari program yang dibuat adalah objek. Objek-objek tersebut dapat di beri karakteristik berupa atribut dan method atau sifat-sifat dan fungsi. Contoh dalam membuat program yang memiliki objek dalam kehidupan nyata adalah binatang.

Objek

Atribut

Method/tinkah laku

Anjing

Berat

Tinggi

Warna

jenis

Menggonggong

Berlari

Bermain

mengendus

kucing

Warna

Tinggi

Jenis

 

Bermain

Makan

Mengeong

Contoh Objek dalam kehidupan sehari-hari

Dari contoh di atas , dalam membuat program objek-objek dalam kehidupan nyata dapat di asumsikan sebagai objek-objek perangkat lunak. Misalnya anjing dan kucing dalam program yang berhubungan dengan objek tersebut dengan menggunakan bahasa java.

PERBEDAAN CLASS DAN OBJEK  

Objek adalah sekumpulan bagian-bagian atau komponen pada perangkat lunak yang memiliki suatu struktur yang sama pada kehidupannya nyata dengan memiliki atribut dan sifat tertentu. dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan antara method dan variable.

Class merupakan suatu dasar dari oop. Dan objek merupakan turunan dari class sehingga dalam class terdiri dari tipe data/field dan method.

Contohnya dalam suatu class makanan terdapat objek makanan ringan dan makanan berat memiliki atribut rasa, jenis, warna dan memiliki method cara memasak, distriibusi dll.

 

    Makanan  Class

                        Makanan Ringan                                              Makanan Berat

                        (objek)                                                        (objek)

                        Keripik                                                             nasi

                        Manis                                                            tak berasa

                        Murah                                                              lebih mahal

                        Berwana                                                          berwarna putih

                        (variabel)                                                        (variable)       

 

                        Diolah pabrik                                                   dimasak dari beras

                        Didistribusi                                                      disajikan/penyajian

                        (Method)                                                         (Method)

METHOD

Method merupakan bagian kode-kode yang dapat dipanggil oleh program utama untuk membentuk fungsi yang spesifik. Dengan demikian dapat dikatakan dengan method dapat menentukan sifat objek.

Terdapat empat bagian dasar pada method      :

  1. Nama method
  2. Tipe objek
  3. Daftar parameter
  4. Badan atau isi metode

Dan terdapat 3 karakteristik pada method        :

  1. Dapat mengembalikan satu nilai atau tidak sama sekali
  2. Dapat diterima beberapa parameteryang dibutuhkan atau tidak ada parameter sama sekali (parameter = argument pada fungsi)
  3. Setelah method telah selesai di eksekusi.dia akan kembali kepada method yang memangginya

Dalam java dapat dimiliki metode-metode yang berbeda dengan memiliki nama yang sama tetapi berbeda tipe kembalian atau daftar argumentnya. Ini disebut sebagai overloading.

Sifat polimorfisme merupakan kemampuan variable untuk mengubah perangai sesuai dengan objek hasil instansiasi yang digunakan. Untuk melakukan polimorfisme di butuhkan kemampuan overloading. Overloading merupakan kemampuan untuk menentukan fungsi yang ingin digunakan jika terdapat nama fungsi yang sama

 

Contoh program

class makanan

{

String koki;

String resep;

void isi (String isi1,String isi2)

{

koki = isi1;

resep = isi2;

}

void cetak()

{

if (koki==null&&resep==null)return;

System.out.println(“koki=” +koki +”resep=” +resep);

}

}

class kertasresep

{

public static void main(String[]args)

{

buku a,b,c,d;

a=b=c=d=new makanan();

a.isi (“abc”, “nasi goreng”);

a.cetak();

b.isi (“bca”, “lele”);

b.cetak();

c.isi (“cba”, “mie goreng”);

c.cetak();

d.isi (“dca”, “bakwan”);

}

}

 

 

 

Sumber            :

Pemrog. Berorientasi Objek **, Pertemuan Ke-3 , Novianto,ST

Pengenalan pemrograman 1 ,J.E.N.I

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s